Health n' Beauty

April 7, 2008

Mengatasi Nyeri Datang Bulan

Filed under: Health Tips — sydp21 @ 8:48 am

Terapi Atasi Nyeri Haid. Dalam kondisi normal, nyeri haid biasanya terjadi pada wanita yang baru mendapat menstruasi dua hingga tiga tahun. Hal ini bisa diatasi dengan asupan gizi yang seimbang, menghindari junk food, mengkonsumsi makanan segar yang tidak mengandung pengawet dan pewarna, olahraga teratur, dan bila terasa nyeri bisa diberi terapi antiprostaglandin. “Terapi prostaglandin digunakan jika nyerinya masih ringan, digunakan dua hingga tiga hari sebelum haid”. Cara lain untuk mengatasi nyeri haid adalah terapi hormonal yang diberikan adalah pemberian estrogen, progesteron, bromocriptin, dan danazol. Untuk terapi alami diberikan vitamin atau suplemen alami seperti fitoestrogen yang banyak terkandung dalam tanaman seperti kacang kedelai, tahu, tempe, dan susu kacang. Smentara untuk mereka yang mengalami nyeri haid karena endometriosis, maka terapi yang dapat dilakukan adalah untuk meredakan gejala nyeri, menurunkan atau menghambat pertumbuhan jaringan endometrium, mempertahankan atau mengmbalikan kesuburan dan mencegah menghambat kekambuhan. Tetapi hormon yang dilakukan untuk menghentikan ovulasi sehingga lapisan endometrium menciut dan mati. Obat yang digunakan meliputi derivat testoteron, progestogen, dan analog gonatropin relasing hormone.

Bahan herbal untuk atasi nyeri haid. Back to nature kini menjadi pilihan orang untuk mengatasi berbagai penyakit. Pun ketika mengatasi nyeri haid. Jika haid tidak lancar atau terasa nyeri sebaiknya tidak diberi obat karena obat mengandung zat kimia. Dengan memberikan obat, sama saja dengan memberikan racun. Kunyit putih merupakan salah satu herbal yang dapat mengatasi nyeri haid. Kunyit putih merupakan tanaman yang berfungsi sebagai obat yang mempunyai efek mengehentikan pendarahan (homeostasti, antinyeri, antitoksik, dan mempercepat pernyembuhan luka). Karena itu kunyit kerap digunakan sebagai suplemen atau makanan pendamping pada pengobatan nyeri haid, yang banyak dijual disupermarket ataupun toko. Kandungan yang bermanfaat adalah kurkumin yang terkandung dalam rimpangnya yang bermanfaat sebagai anti nyeri dan antiradang. Kunyit putih sangat baik untuk mengurangi rasa panas dibawah pusar atau rahim untuk penderita miom atau kista. Kandungan sapominnya bermanfaat sebagai penyembuh luka yang terjadi saat haid.

Faktor untuk Melihat Haid Normal atau Tidak :

  1. Siklus haid yang normal range-nya antara 21-35 hari (3-5 minggu). siklus ini dihitung dari hari pertama haid sampai satu hari sebelum haid yang akan datang.
  2. Darah haid yang keluar secara normal adalah 60-80 cc per hari per satu kali menstruasi.
  3. Lama keluarnya darah haid antara 3-10 hari
  4. Tidak disertai nyeri yang hebat atau progresi. Jika nyerinya hebat berarti ada gangguan lain. Jika wanita mengalami gangguan haid dalam tiga bulan berturut-turut, maka harus dicari penyebabnya dengan memeriksakan diri ke dokter spesialis.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: