Health n' Beauty

Kanker Usus

Beberapa penyebab kanker usus besar bisa terjadi yaitu karena kurangnya berolahraga, pola hidup dan makan sehari-hari. Jumlah penderita kanker usus besar (KUB) di Indonesia menempati urutan ke-10 (2,75%) setelah kanker lain (leher rahim, payudara, kelenjar getah bening, kulit, nasofaring, ovarium, rektum, jaringan lunak, dan tiroid). Gejala utama penyakit ini yaitu adanya darah dalam tinja seperti terjadi pada penderita perdarahan lambung, polip usus, atau wasir. Kalau darah dalam tinja masih sangat sedikit memang sulit terlihat dengan mata biasa, sehingga memerlukan tes laboratorium. Namun, bila sering merasakan gangguan lain di perut (diare atau sembelit), kembung, bentuk tinja sangat pipih dibarengi rasa lemas dan lelah, bobot badan turun, ada baiknya segera melakukan pemeriksaan secara saksama.

Ada lima stadium KUB dengan sifat masing-masing dan kemungkinan bertahan hidup bagi pasien. Berdasarkan angka statistik AS, kemungkinan hidup lima tahun atau lebih menjadi 100% bila penyakit masih dalam stadium O. Artinya, kanker hanya ditemukan pada permukaan dinding usus besar atau rektum. Harapan hidup lima tahun turun menjadi 75 – 95% bila kanker naik menjadi stadium 1 di mana kanker hanya terlokalisasi pada dinding usus besar atau rektum. Dikatakan mencapai stadium 2 bila terdapat anak sebar ke jaringan sekitarnya tetapi belum ke kelenjar getah bening. Di sini kemungkinan hidup lima tahun mencapai 50 – 75%. KUB termasuk stadium 3 kalau telah menyebar ke kelenjar getah bening terdekat tetapi belum ke organ tubuh lain. Pada stadium ini harapan hidup di atas lima tahun tinggal 30 – 50%. Harapan hidup kurang dari 10% bila sudah mencapai stadium 4 di mana kanker sudah menyebar ke organ lain seperti paru-paru, hati, atau ovarium.

Bagaimanapun operasi usus besar merupakan tindakan utama untuk kanker usus (colorectal cancer). Tindakan ini berupa pemotongan usus besar yang sakit, dan menyambungkan kembali dua ujung bagian usus besar yang sehat. Untuk itu pembukaan perut selalu dilakukan.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: